Sabtu, 18 Desember 2010

"PPC >> Apa Itu Pay Per Click?"


PPC menurut situs wikipedia adalah model iklan Internet yang digunakan di situs web, di mana pengiklan hanya membayar ketika iklan mereka diklik oleh pengungjung situs. Pada search engine seperti Google, biasanya pengiklan memasang iklan berdasarkan kata kunci (keyword) yang relevan dengan target pasarnya. Sedangkan jumlah uang yang dibayarkan oleh pengiklan kepada Search Engine atau pemilik situs web untuk satu kali klik pada iklannya disebut Cost Per Click (CPC).
Manfaat PPC bagi bisnis/perushaan


Apa keuntungan PPC bagi bisnis? Dengan PPC, perusahaanlebih efektif dalam mengiklankan produknya, baik secara biaya maupun sararan yang dituju. Pengiklan dapat  mencapai orang yang tertarik pada suatu topik yang sesuai dengan produk yang diiklankan. Misalkan kita ingin menawarkan promosi suatu hotel, maka kita dapat memasang di google Adword dengan kata kunci travel, maka ikan kita akan muncul pada saat orang sedang mencari informasi mengenai travel.

Manfaat PPC bagi blogger/Pemilik situs
Sedangkan bagi blogger dengan adanya PPC, maka mereka dapat memasang iklan pada situs mereka dan memperoleh tambhan penghasilan.
Manfaat PPC bagi umum/users
Dengan layanan PPC, maka blooger/pemilik situs akan makin terpacu untuk menciptakan konten-konten berkualitas untuk menarik orang agar berkunjung ke situsnya, dengan demikian akan makin beragam pula konten yang dapat kita nikmati.
Model Bisnis
Beberapa situs besar menawarkan pemsangan iklan secara langsung pada situs mereka, di antaranya:
  • Google Adword
  • MSN adCenter
  • Yahoo! Search Marketing
  • Facebook
  • StumbleUpon
Sedangkan untuk pemasangan pada situs blog, forum maupun situs-situs web lainnya, umumnya dilakukan melalui perantaraan pihak ketiga yang di sebut PPC provider. Jadi pengiklan dan pemilkik situs tidak berhubungan secara langsung. Pemilik situs bisanya mendaftarkan diri pada PPC provider dan memasang script untuk menampilkan iklan pada situs mereka.
Beberapa PPC provider diantaranya:
Untuk PPC dari Indonesia di anataranya:
Menentukan CPC
Ada dua model utama untuk menentukan biaya per klik (CPC): flat-rate dan bid-based.

Flat Rate

Dengan sistem ini, pemasang iklan dan pemilik situs sepakat dengan sejumlah tetap yang akan dibayarkan untuk setiap klik. Dalam banyak kasus pemilik situs memiliki rate-card untuk berbagai bidang atau jaringan situs-situs mereka. Konten yang banyak dikunjungi akan memliki nilai lebih tinggi daripada konten yang tidak banyak peminatnya. Umumnya utuk pemasangan jangka panjang, pengiklan dapat bernegosiasi untuk mendapatkan diskon.
Bid-based

Dengan sitem ini pemasang iklan menandatangani kontrak yang memungkinkan mereka untuk bersaing dengan pengiklan lain dalam pelelangan tertutup yang diselenggarakan oleh penerbit, atau PPC provider. Setiap pengiklan memberitahu  nilai maksimum yang ia bersedia bayar untuk sebuah spot iklan (seringkali berdasarkan kata kunci).  Pelelangan diputar dalam mode otomatis setiap kali pengunjung memicu iklan spot. Secara lebih mudahnya, apabila nilai maksimum yang kita nyatakan lebih besar dari pengiklan lain, maka kemungkinan iklan kita untuk muncul juga akan lebih besar. Contoh dari Bid-based adalah Google Adwords dan Facebook Ads.
Bagaimana di Indonesia?
Sayang sekali di Indonesia belum banyak perusahaan-perusahaan besar yang berminat untuk memanfaatkan layanan PPC. Saat ini kebanyakan pengiklan PPC dari Indonesia adalah situs-situs yang menawarkan MLM online. Perusaahaan lebih menyukai pemasangan pada situs-situs besar di Indonesia, seperti detik.com, kompas.com, kaskus, dll, yang sampai saat ini belum menerapkan sistem PPC. Padahal dengan jumlah blogger di Indonesia yang mencapai jutaan orang, tentunya jumlah unique visitor dan pageview dari blog-blog tersebut bila di kumpulkan dapat melampaui situs-situs besar. Selain itu situs-situs blog bisanya memiliki konten yang sangat spesifik, sehingga iklan yang di pasang akan lebih fokus.
postingan ini di sadur dari apa itu PPC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar